About me

Sponsored

Rabu, 21 Desember 2011

Air Terjun Riam Merasap

Di sepanjang perbatasan antara Kabupaten Sambas dengan Serawak Malaysia, terdapat banyak air terjun dan riam yang sebagian besar masih sangat alami karena masih belum tersentuh tangan manusia. Salah satunya yang cukup dekat dengan ibukota Kecamatan Sajingan Besar adalah Air Terjun Riam Merasap yang merupakan hulu dari Sungai Sajingan.

Disebut Riam Merasap karena air yang deras dari riam ini menimbulkan kabut dingin dari percikan air, karena itulah penduduk sekitarnya menamakan riam ini dengan nama Riam Merasap. Obyek wisata terdapat di Desa Kaliau Kecamatan Sajingan dengan jarak tempuh ± 85 km dari Kota Sambas.

 
Obyek wisata ini masih alami dan mempunyai nilai jual yang tinggi bagi menarik para wisatawan. Air terjun setinggi 20 meter, dengan air yang jernih ditambah panorama keindahan alam ekosistem hutan hujan tropis dan ditumbuhi habitat pohon belian yang masih sangat alami. Terdapat beberapa air terjun kecil ketika menyusuri sungai yang berbatu- batu. Setelah berada dipuncak barulah akan menemukan pusat air terjun ini setingggi 8 meter. Oleh penduduk setempat Riam ini dinamakan ; Riam Naik Kubik. Riam- riam lainnya juga dapat ditemukan disini, diantaranya: Riam Kaca dan Riam Babi. Selain itu,Wisatawan juga dapat melihat langsung kehidupan masyarakat Dayak Selako yang menjadi masyarakat Kecamatan Sajingan Besar.

Letaknya sangat strategis, karena dekat dengan border Aruk Sajingan yang pintu gerbang perbatasan antara Negara Indonesia dan Negara Malaysia, sehingga obyek-obyek wisata di kawasan Sajingan besar layak untuk dikembangkan sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang nantinya diharapkan akan dapat menarik wisatawan khususnya yang berasal dari luar (wisatawan mancanegara) yang datang/pergi melalui border Aruk Sajingan.



Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari MOUSE LIAR.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Tolong gunakan kata-kata yang sebagai mana mestinya! Bagi yang merasa berpendidikan.
Terima kasih atas kunjungan anda.

 

Categories

GRATIS BLOGGER TEMPLATES