About me

Sponsored

Rabu, 21 Desember 2011

Pulau Sawi

A. Selayang Pandang

Pulau Sawi kaya akan biota laut dan pemandangan alam yang indah. Sejak tahun 2009, Pembab Ketapang mulai membenahi obyek wisata ini dan menjadikannya sebagai obyek wisata andalan di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.
Kabupaten Ketapang memiliki gugusan pulau-pulau kecil. Terdapat 34 pulau yang termasuk ke dalam wilayah kabupaten ini. Pemkab Ketapang menyebutkan bahwa pulau-pulau itu antara lain terdiri dari Pulau Bawal (pulau ini luasnya kurang dari 7500 ha) dan Pulau Gelam, Pulau Cempedak, dan Pulau Sawi  (masing-masing mempunyai luas kurang dari 500 ha). Daratan di pulau-pulau ini relatif berketinggian rendah, antara 0,5 hingga 30 m dpl. Otomatis pulau-pulau tersebut memiliki pantai yang landai.
Pulau-pulau kecil ini memiliki potensi pariwisata yang besar, dari pemandangannya yang masih alami hingga kekayaan sumber daya yang dimilikinya, terutama sumber daya laut. Salah satu pulau yang memiliki potensi seperti itu adalah Pulau Sawi. Pulau Sawi dihuni oleh sekitar 20 KK. Masyarakat Pulau Sawi umumnya bekerja sebagai nelayan dan buruh nelayan. Kadang-kadang mereka mencari mutiara ketika musim melaut belum tiba.

Dermaga kecil tempat berlabuh para nelayan

B. Keistimewaan

Di Pulau Sawi, Anda akan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan: pasir putih yang terhampar sepanjang pantai, biota laut, tradisi masyarakat setempat, dan nyiur yang berjajar di sepanjang garis pantai. Air laut yang jernih membuat kehidupan hewan dan tumbuhan di bawah permukaan laut jelas terlihat. Tak heran kalau pulau ini mendapat julukan “Pulau Bidadari”.
Biota di laut Pulau Sawi adalah rumput laut, udang kipas, belangkas, penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, mutiara, dan beberapa jenis ikan. Penduduk pulau ini ramah. Selain itu, pulau ini juga mudah dijangkau dari Kota Ketapang dengan berbagai jenis transportasi yang ada.
Selain menikmati pemandangan alam yang eksotis, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata alam seperti berkemah, lintas alam menjelajahi pulau, menyelam, berenang, atau memancing.

C. Lokasi

Pulau Sawi termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Udang Kipas, salah satu potensi Pulau Sawi

D. Akses

Akses transportasi menuju ke Pulau Sawi tidak terlalu sulit. Terlebih dulu Anda harus mencapai Sungai Tengar, Desa Mekar Sari, Kecamatan Kendawangan yang terletak kira-kira 70 km di sebelah utara Kota Ketapang, setelah itu disambung dengan kapal motor (motor boat) yang banyak disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan dengan motor boat memakan waktu sekitar 1 jam. Perjalanan ke Sungai Tengar dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat atau bus umum.

E. Harga Tiket

Tidak ada biaya untuk masuk ke kawasan wisata Pulau Sawi.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di Pulau Sawi, Anda dapat mendirikan kemah untuk menginap sembari menikmati pemandangan alam yang ada. Anda juga dapat menyewa home stay yang dibangun untuk para wisatawan. Untuk memudahkan transportasi ke pulau ini, pemerintah juga telah membangun dermaga kecil bagi perahu motor yang akan singgah ke pulau. Jika ingin berperahu mengelilingi pulau ini, Anda tinggal menyewa perahu penduduk setempat.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari MOUSE LIAR.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

Tolong gunakan kata-kata yang sebagai mana mestinya! Bagi yang merasa berpendidikan.
Terima kasih atas kunjungan anda.

 

Categories

GRATIS BLOGGER TEMPLATES