About me

Sponsored

Rabu, 21 Desember 2011

randayan

Indonesia, negeri kita tercinta memang Negara kepulauan yang sangat indah. Banyak pulau yang memiliki keindahan luar biasa nan eksotis. Keindahan panorama dan pemandangan bawah lautnya membuat orang jatuh cinta ketika memandangnya. Salah satu kekayaan wisata bahari Indonesia terletak di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu pulau Randayan. Pulau ini juga menjadii ikon pariwisata Provinsi Kalimantan Barat.

Pesona alamnya memang tidak ada bandingnya di Provinsi ini. Keindahan pantai, laut, dan segala isinya akan memanjakan setiap mata yang memandangnya. Pulau Randayan berada di sebelah utara daerah pesisir Provinsi Kalimantan Barat. Pulau Randayan merupakan pulau yang kecil. Untuk mengelilingnya saja anda hanya memerlukan waktu setengah jam dengan berjalan kaki.

Menuju pulau Randayan, Anda bisa bertolak dari Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh selama tiga jam dengan jarak sekitar 115 km. Teluk ini berada di 32 km dari Kota Singkawang. Dari Teluk Suak Anda dapat menggunakan speed boat dengan tarif pulang pergi 150 ribu rupiah. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan perahu motor atau kapal khusus. Tetapi, Anda harus berangkat dari Pasir Panjang. Tarif kapal khusus adalah 100 ribu rupiah, sedangkan tarif perahu motor adalah 30 ribu rupiah.

Pulau Randayan memiliki hamparan pasir putih yang luas dan indah. Pohon-pohon nyiur melambai tertiup angin. Air laut Pulau Randayan yang jernih dan tidak terlalu dalam memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang berada di dalamnya.

Keindahan alam Pulau Randayan dapat Anda nikmati dengan menyelam atau snorkeling. Untuk melakukan snorkeling, Anda tidak memerlukan peralatan yang lengkap. Cukup dengan kacamata renang, anda sudah bisa menikmati berbagai biota bawah laut yang begitu mempesona.

Berdasarkan informasi dan data yang ada, Pulau Randayan memiliki pasir seluas 4,77 hektar, karang hidup 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, dan lamun 0,63 hektar. Wow, kekayaan alam yang cukup menantang untuk dijelajahi. Terumbu karang di Pulau Randayan tumbuh subur dan berkembang biak di bawah laut. Berbagai jenis ikan tropis dapat Anda temui ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Randayan.

Selain snorkeling dan menyelam, anda juga bisa memancing. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dinikmati dengan mengadakan acara barbeque. Aroma ikan bakar berpadu dengan semilir angin yang membawa aroma laut. Menyantap ikan bakar sambil menikmati pemandangan laut yang indah, atau pada saat matahari tenggelam, memberikan pengalaman yang pasti tak terlupakan.

Untuk menginap, Anda dapat menyewa villa atau cottage yang menghadap laut. Hal ini memungkinkan Anda menikmati panorama pulau dan laut langsung dari vila yang Anda tinggali. Tarif penginapan di sini bervariasi. Ada penginapan dengan tarif 400 ribu rupiah per malam. 


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari MOUSE LIAR.com di inbox anda:


1 komentar:

Tolong gunakan kata-kata yang sebagai mana mestinya! Bagi yang merasa berpendidikan.
Terima kasih atas kunjungan anda.

 

Categories

GRATIS BLOGGER TEMPLATES